Friday, November 02, 2007

Susah nya mendapat surat tilang

Selasa malam,
pulang kantor masih ujan gerimis, setelah sore nya ujan dereeeees bgt.
udah pasti jalanan jadi maceet bgt. Mau lewat tol, tapi gak bisa krn gw harus mampir ke jalan jabir ragunan tuk taro sepatu gw buat sample.
Kondisi jalanan yang macet bgt & gerimis, buat situasi dilampu merah makin gak karuan.
setelah melewati lampu merah.. tiba2 .. "priiiittt!!", gw & mas sunu disuruh minggir.
Mendekatlah satu polisi ke arah mobil kami.
Begitu selesai memberi hormat, dia langsung bilang "bapak melanggar lampu lalu lintas", gw langsung bilang "enggak ah", dia bilang "iya, dan pelanggaran kedua, mbak nya tidak memakai sabuk pengaman"
Dengan penuh semangat 45, gw langsung buka selimut gw, (kebiasaan gw dimobil, gw selalu pakai selimut, tapi tetap pakai sabuk pengaman) , "pake kok!!", mas sunu bilang "lain kali liat dulu yang baik pak". Terus si polisi itu minta maaf.
Polisi itu meminta sim & stnk mas sunu, mas sunu kasih, dan dia bilang akan sidang tanggal 13 November. Mas sunu dah kasih kode ke gw, tuk ikut sidang aja.
Akhirnya sim & stnk mas sunu, diambil, dan polisi itu pergi, gak tau kemana.. gak bilang apa2.
Hm.. firasat gw udah mikir yang jelek.. pasti nih polisi mau nya di ikutin, terus dirangkul, diminta damai, sambil mas sunu kasih uang minimum 20 ribu rupiah (itu yang selalu gw liat dijalan.. orang ditilang.. dia ngikutin polisi dari belakang, merangkul polisi itu, kasih uang.. terus bebas)
Gw bilang sama mas sunu, jangan mau ikutin dia mas, biar dia yang anter surat tilang ke kita, mas sunu juga bilang "aku gak akan mau "berdamai" dengan polisi dijalan, mending ikut sidang"
1,2,3,, hampir 10 menit, surat tilang itu gak jg kami dapatkan.
kesabaran gw dah mau abis. "mau nya apa sih nih polisi..pasti mau nya disogok. NEVER EVER!!!"
gw telp kakak sepupu gw.. yang gw tau bgt, posisi dia jauh lebih tinggi dari posisi tuh polisi.. gw gak mau main bekingan.. gunain kakak sepupu gw tuk minta bebas dari masalah ini.. tapi gw cuma mau tanya kenapa keluarin surat tilang aja kok lama bgt. Kakak sepupu gw malah bilang "jangan kasih uang ya Yank, minta surat tilang aja"
gw bilang udah lama bgt deh nunggu, gak juga keluar surat tilang nya".
Terus kakak sepupu gw cuma bilang "sini deh. mas mau ngomong sama polisinya"
gw kasih HP gw ke mas sunu, tuk kasih ke polisi yang tadi menyetop kami.
satu keheranan gw lagi.. polisi2 itu mangkal ditempat tersembunyi & rada gelap lho. kenapa ya mereka gak bikin pos yang gampang dilihat orang & terang?
Setelah cukup lama mencari & menunggu sampe kakak sepupu gw bicara dengan itu polisi, akhirnya selesai sudah. Polisi itu minta maaf, menjelaskan kenapa dia lama memberikan surat tilang (dengan alasan banyak yang lagi diproses"
mas sunu cuma jawab "SAYA GAK KEBERATAN DAPET SURAT TILANG & HARUS IKUT SIDANG, TAPI KENAPA KAYA DIPERSULIT SIH DAPET SURAT TILANG AJA"
dengan gugup nya polisi itu gak bisa berkata apa2 dan melepas kami berdua.
sepanjang perjalanan gw & mas sunu hanya tertawa dengan apa yang baru terjadi.
gw sms kakak sepupu gw cuma bilang "mas, suara lu sakti juga"
kakak sepupu gw cuma bales "cukup sekali, besok jangan lagi"

Pertanyaan gw sampe saat ini adalah...

1. Memang sulit bgt ya tuk mendapatkan surat tilang??
2. Kenapa surat tilang harus dibuat ditempat tersembunyi & gelap??
3. Begitu mudahkah orang tuk lepas dari hukum pelanggaran kalo dia memiliki hubungan dekat dengan orang yang pangkat nya jauuuuh lebih tinggi? enak bgt dong ya kalo gw mau belagu.. begajulan aja dijalan.. terus kalo ditilang tinggal telp sepupu gw..beres kan.

** masih tertawa dalam hati mengingat kejadian malam itu

1 comment:

Anonymous said...

That is what happening in Indonesia, will never change, never will be :-)